Sunday, July 2, 2017

Tips Jitu Agar Tulisanmu Diterima Penerbit | Tips & Trik Daily Mocci

Ada orang yang menjadikan penulis sebagai mimpinya, adapula yang ingin menjadi seorang penulis karena terinspirasi karya-karya penulis favorie-nya. Apapun itu, setiap orang mampu menulis. Tapi, tidak setiap orang bisa menjadi seorang penulis. Eits! Jangan salah paham dulu. Ingat pepatah ‘banyak jalan menuju Roma’? Yup, semua mimpi dapat Anda capai bila terus mengamalkan 3B (berdo’a, belajar, berusaha), Insya’Allah Anda mampu menjadi seorang beken seperti Dee, Tere Liye, Habiburrahman El Shaerozi, Andrea Hirata dan penulis-penulis hebat yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu lainnya.

Image from Unplash

Menjadi seorang penulis yang karyanya lolos dan diterbitkan salah satu penerbit di Indonesia—apalagi penerbit populer—adalah suatu kebanggan. Apalagi jika karya Anda menjadi bestseller nantinya? Wah, itu sih seperti kejatuhan durian runtuh! Wkwkwk... Tapi percaya deh, setiap orang mampu! Dan kali ini Daily Mocci akan memberikan beberapa tip & trik jitu agar tulisanmu dapat diterima penerbit, Insya’Allah. Hal yang harus kamu lakukan adalah:

  • Naskah harus karya Anda sendiri
Yup! Hal yang paling utama dan terpenting adalah kamu mengirimkan naskah yang kamu buat sendiri, bukan hasil copas atau kamu ambil dari manapun. Sebab, jika kamu mengirimkan kasya orang lain dan orang lain itu tau kamu mengambil karya mereka siap-siap saja dituntut pasal kode ETIK deh. Hehe
  • Belum pernah diterbitkan penerbit lain
Kirimlah naskahmu yang belum pernah kamu kirim dan diterbitkan di penerbit lain.
  • Pastikan naskahmu unik (tidak pasaran)
Ketika novel Ayat-Ayat Cinta dan Laskar Pelangi muncul, banyak penulis yang mengusung tema gurun pasir dan kehidupan pesisir sebagai tulisan mereka. Hal tersebut patut disayangkan. Mengapa demikian? Para penerbit lebih tertarik dengan naskah-naskah dengan tema baru yang belum pernah diusung—apalagi oleh penulis beken—yang menarik dan berbeda dan unik. Memang sih tidak ada salahnya untuk menjadikan sebuah novel menjadi inspirasi dan patokan untuk menulis novel Anda, tetapi alangkah lebih baiknya sebuah naskah atau tulisan lahir dari pemikiran dan imajinasi seorang penulis. Bayangkan ketika banyak novel-novel dengan tema sejenis bertebaran dimana-mana? Jadi, lebih baik membuat sebuah karya yang berbeda, unik dan bermanfaat alih-alih mengikuti tren. Insya’Allah, apabila naskah Anda berbeda dan unik pasti lolos deh!
  • Tulis naskah dengan rapi (logis dan sistematis)
Sebelum mengirim naskah kepada penulis (dalam format fotocopy print-out atau format file) pastikan naskah Anda sudah lolos review dan final editing! Jangan coba-coba untuk terlena karena kepuasan telah mengakhiri penulisan salah satu naskah Anda melewatkan salah satu faktor pendukung ini. Check dan edit ulang untuk merapihkan dan memperbaiki struktur kata, format huruf, EYD, spasi, dll.
  • Bukan kumpulan tulisan
Tulisan tentu saja harus utuh/padu (monograf), bukan kumpulan tulisan. Kecuali jika Anda mengikuti event-event kepenulisan seperti lomba puisi.
  • Pastikan naskah Anda sesuai kriteria penerbit
Jangan coba-coba mengirim naskah berjumlah 500 halaman kepada sebuah penerbit yang mensyaratkan panjang naskah maksimal 180 halaman. Atau jangan coba-coba mengirim naskah yang mengusung tema fiksi kepada penerbit yang mengkhususkan menerbitkan buku-buku politik. Sebagus dan semenarik apapun karya Anda, dijamin naskah pasti ditolak penerbit apabila Anda tidak memperhatikan kriteria naskah penerbit yang Anda tuju. Untuk itu, pastikan Anda menyesuaikan naskah dengan kriteria-kriteria penerbit yang Anda bidik agar meminimalisir penolakan. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan seperti: panjang naskah, font huruf, spasi, tema, dll. Galilah informasi mengenai kriteria-kriteria naskah penerbit dengan mengecek website-website penerbit yang Anda tuju!
  • Tidak menimbulkan kontroversi
Bijaklah dengan apa yang akan Anda tulis! Jangan karena Anda ingin populer melalui sebuah tulisan membuat Anda buta dengan hal-hal yang akan menimbulkan kontroversi, terutama berhubungan dengan moral dan agama. Dan jadilah seorang penulis yang karya-karyanya mampu memotivasi dan bermanfaat untuk khalayak umum, alih-alih membuat tulisan yang hanya memberikan hiburan semata saja.

Itulah beberapa Tips Jitu Agar Tulisanmu Diterima Penerbit versi Daily Mocci, semoga bermanfaat!
http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

0 komentar:

Comments
0 Comments

Post a Comment

Menarik Untuk Disimak