Tuesday, August 15, 2017

Ini Penyebab Insomnia, Dampak & Cara Mengatasinya | Kesehatan

Kesehatan - Salah satu penyebab kurangnya kebugaran tubuh adalah insomnia. Definisi dari insomnia sendiri adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur di jam normal atau melewati batas waktu dimana orang lain tidur yang dikarenakan faktor-faktor pemicu insomnia.

Beberapa Ini Penyebab Seseorang Mengalami Insomnia:



Faktor Medis & Biologis
  • Faktor usia. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang sudah berusia lanjut lebih besar beresiko mengalami insomnia dibandingkan dengan orang yang masih muda.
  • Hormon. Seorang wanita hamil dan menstruasi cenderung mengalami insomnia dibandingkan wanita yang tidak hamil dan menstruasi.
  • Faktor keturunan atau bawaan (genetik). Salah satu faktor ini mungkin jarang ditemui, tetapi aja saja orang yang mengalami insomnia dikarenakan gen yang dibawanya dari keluarganya.
  • Efek samping penggunaan obat, alkohol, kafein dan soda. Beberapa jenis obat diklaim oleh dunia kedokteran memicu insomnia. Tak ayal jika banyak pasien di rumah sakit mengalami kesulitan tidur.
  • Bermasalah dengan jet lag atau mabuk udara.
  • Kerusakan otak.
Faktor Psikologis
  • Memikirkan terlalu banyak hal.
  • Psikis terganggu, seperti gangguan paranoid, ketakutan, stress, kecemasan, depresi, emosional dan juga tekanan mental.
  • Gangguan mental. Gangguan semacam ini seperti skizofrenia, gangguan kecemasan atau kepribadian bipolar.
  • Ketakuta akibat gangguan pada fase tidur REM (Rapid Eye Movement), seperti mimpi buruk, tindihan (sleep paralysis), atau berjalan saat tidur (sleepwalking)
Faktor Dari Luar
  • Kelelahan fisik.
  • Pola tidur yang tidak teratur.
  • Lingkungan.
  • Bekerja di malam hari.

Seseorang yang lebih beraktivitas sering menghabiskan waktunya di malam hari seperti bekerja, melakukan aktivitas sosialnya, dan pergi ke tempat hiburan pada malam hari, cenderung sulit tidur. Meskipun nampak normal saja, tetapi efek dari insomnia ini akan datang tanpa diketahui pemilik tubuh tersebut. Jadi kurangilah segala macam bentuk kegiatan yang memaksa Anda untuk mengesampingkan istirahat mulai saat ini.

Tidur siang hari yang berlebihan

Tidur siang hari menjadi salah satu penyebab seseorang kesulitan tidur. Eits! Bukan tidur selama satu atau dua jam di siang hari lho, melainkan orang yang tidur siang hari secara berlebihan, misalnya enam jam! Bayangkan, bagaimana Anda bisa tidur jika Anda baru saja terjaga selama tiga jam setelah tertidur pulas? Hehe

Tipe Insomnia

Sebelum Anda menyimak bagaimana cara mengatasi insomnia, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu dari tipe insomnia ini. Simak berikut ini.
  • Insomnia Temporer (Transient Insomnia). Pada tipe ini seseorang biasanya hanya mengalami insomnia dalam jangka waktu singkat, sekitar beberapa hari atau satu minggu. Tipe ini biasanya dipicu karena pengaruh lingkungan seseorang yang mengalami insomnia atau diakibatkan karena stres.
  • Insomnia Akut (Acute Insomnia). Lain dari tipe sebelumnya, biasanya penderita mengalami kesulitan tidur selama kurang lebih satu bulan. Tipe ini memiliki gejala dengan penderitanya yang mengalami masalah ketika pada saat memulai tidur atau mempertahankan tidur meskipun kondisi orang tersebut memungkinkan.
  • Insomnia Kronis (Chronic Insomnia). Tipe ini adalah peringatan besar untuk Anda yang mengalami insomnia selama lebih dari satu bulan. Jika Anda mengalami insomnia jenis ini, biasanya akan disertai dengan halusinasi yang parah seperti melihat benda seolah-olah bergerak secara perlahan (slow motion) dan masalah penglihatan ganda (double vision), yakni persepsi penglihatan dimana objek tunggal seolah terlihat ganda.
Ketiga tipe tersebut semakin membuka mata kita untuk meremehkan insomnia. Mungkin kebanyakan dari Anda menyepelekan insomnia, ya mungkin saja kan insomnia hilang selama satu minggu? Tetapi daripada Anda mengalami malfungsi anggota tubuh Anda sejak dini yang diakibatkan insomnia, sebaiknya Anda segera mencari cara untuk mengobati kesulitan tidur Anda mulai saat ini.



Beberapa Dampak dari Insomnia
  1. Penyebab kematian. Tahukah Anda, salah satu penyebab kematian adalah insomnia? Yup, ketidak mampuan untuk tidur ini justru mampu membuat seseorang meninggal karenanya, bahkan beberapa kasus terjadi pada orang-orang yang relatif berusia muda.
  2. Kelelahan. Ketika tubuh tidak mendapatkan waktu istirahat yang baik, tubuh akan cenderung mengelami kelelahan meskipun Anda melakukan aktivitas yang spele.
  3. Menyebabkan tremor dan gemetaran di bagian tubuh. Contoh nyata dialami Saya, dimana jari-jari saya sering bergetar ketika kekurangan tidur. Lho, padahal saya kan baru berusia tujuh belas tahun? Ini bukti dari bahayanya insomnia!
  4. Depresi. Karena kekurangan tidur akan membuat Anda tidak fokus, ceroboh dan membuat Anda lebih mudah depresi dibandingkan dengan orang yang tidak mengalami insomnia. Tahukah Anda jika depresi menjadi salah satu faktor memicu seseorang melakukan aksi bunuh diri? Untuk itu, segera konsultasi dengan dokter Anda untuk menyembuhkan insomnia tersebut.
  5. Kerusakan otak, hingga kehilangan memorinya.
  6. Fungsi otak akan mengalami kerusakan sehingga otak akan kehilangan memorinya.
  7. Ketakutan yang berlebihan dan paranoid akan satu hal.
  8. Obesitas.
  9. Pemicu kanker.
  10. Menyebabkan gangguan jiwa bipolar.


Tips Mengatasi Insomnia

Sudah kewajiban untuk kita semua menjaga aset berharga yang Tuhan berikan ini. Bagaimana pun kesehatan tubuh dan jiwa tergantung pemilik tubuh itu sendiri. Singkatnya, jika Anda ingin sembuh atau mengatasi insomnia, Anda harus bertegad dan menjauhi segala macam faktor pendorong insomnia tersebut.

Kali ini Daily Mocci akan memberikan tips untuk mengatasi insomnia, berikut diantaranya adalah:


1. Berolahraga secara teratur
Berolahragalah minimal selama 60 menit dalam seminggu untuk menjaga kebugaran tubuh Anda dan terhindari gangguan insomnia.

2. Mengkonsumsi makanan yang sehat
Seperti pepatah, '4 Sehat 5 Sempurna'. Apapun yang masuk ke dalam tubuh kita akan menimbulkan reaksinya kepada kita. Jika Anda mengkonsumsi buah dan sayuran, Anda akan mendapatkan tubuh yang sehat dan cenderung terhindar dari segala macam penyakit. Tetapi jika yang Anda konsumsi adalah alkohol, cola dan makanan fastfood, yang akan Anda rasakan rasa tidak enak dengan tubuh Anda dan penyakit berbahaya akan hinggap ditubuh Anda. Ngeri, kan?

3. Matikan lampu saat akan tidur
Paparan cahaya lampu mampu menyulitkan Anda untuk tidur. Namun jika Anda adalah seseorang yang takut akan kegelapan, Anda bisa menyiasatinya dengan memasang lampun yang tidak terlalu terang saja.

4. Buat jadwal aktivitas dan istirahat
Rencanakan dan buatlah sebuah jadwal dimana Anda akan beraktivitas dan beristirahat. Buatlah jadwal dimana Anda akan memperoleh jam tidur yang cukup, 7 jam satu hari. Lalu bagaimana jika Anda diharuskan untuk kerja seharian? Meskipun Anda bekerja di kantor selama 10 jam perhari, Anda bisa menyiasatinya dengan menggerakkan tubuh atau melakukan peregangan setiap satu jam sekali agar membuat tubuh Anda tidak kesemutan.

5. Mendengarkan musik sebelum tidur
Sebuah riset membuktikan seseorang yang mendengarkan musik sebelum tidur cenderung mendapatkan kualitas tidur yang maksimal daripada seseorang yang tidak mendengarkan musik. Itu berarti musik memang memiliki pengaruh terhadap otak. Musik yang dimaksud adalah musik instrumen seperti Mozart dan beethoven.

Dan tahukah Anda, mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur'an pun memiliki banyak khasiat salah satunya membuat seseorang menjadi tenang. Banyak sekali riset yang dilakukan pada ahli yang meneliti khasiat Al-Qur'an terhadap para pendengarnya. Nah, daripada Anda mendengarkan musik yang hanya membawa pengaruh moody, sebainya Anda mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur'an ini yang sekaligus memberi pahala. Apalagi kalau membacanya? Pasti juga sangat bermanfaat!

6. Jauhkan gadget, pc atau ponsel
Jauhkan jangkauan alat-alat komunikasi tersebut dari Anda ketika hendak tidur. Karena alat-alat tersebut akan tetap hidup ketika Anda beristirahat, jadi jangan heran ketika Anda sedang asyik-asyiknya tidur ada notice, sms atau telfon di waktu yang kurang tepat seperti itu.

7. Jangan merokok
Salah satu zat negatif yang terkandung di dalam rokok adalah nikotin. Zat ini akan memicu beberapa penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kanker, dan meningkatnya kadar kolestrol. Zat ini juga bisa memicu seseorang untuk kesulitan tidur atau insomnia.

8. Ubah posisi dan dekorasi ruangan
Ubahlah posisi barang-barang atau dekorasi ruangan Anda. Mungkin saja yang menjadi penyebab memicu insomnia Anda adalah karena Anda bosan dengan ruangan dimana Anda menjadikannya sebagai tempat peristirahatan yang seharusnya membuat Anda nyaman. Ubahlah senyaman mungkin dengan model sesuai selera Anda.

9. Luangkan waktu sejenak untuk bermeditasi
Salah satu menfaat dari meditasi adalah memberikan ketenangan. Dan ketika Anda mendapatkan ketenangan dan terhindar dari segala macan hal yang memicu Anda depresi, setres dan ketakutan, Anda cenderung mudah untuk tidur dan beristirahat.

10. Makanan-minuman yang harus Anda hindari & konsumsi
Hindarilah makanan dan minuman seperti kopi, alkohol, teh hitam, coklat hitam dan segala macam makanan pedas agar tidak memperparah insomnia Anda. Sebaliknya, Anda harus mengonsumsi makanan dan minuman seperti susu hangat, jus buah, kacang almont, kacang walnut, pisang dan ikan. Makanan-makanan tersebut dapat mengatasi atau menyembuhkan insomnia Anda.


11. Rutin memeriksakan kesehatan kepada dokter


Hal terakhir ini sering sekali banyak orang sepelekan, dimana mereka yang merasa kondisi tubuh mereka sehat dan baik-baik saja merasa tidak akan mengalami hal-hal merugikan dikemudian hari. Untuk itu sebaiknya Anda rutin mengunjungi dokter dan memeriksakan kondisi kesehatan Anda. Ingat pepatah, 'Lebih baik mencegah daripada mengobati'? Ya, itu adalah salah satu pesan kesehatan untuk kita semua.

Sekian informasi kesehatan dari Daily Mocci, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Untuk kunjungannya Saya ucapkan banyak terima kasih, dan jangan lupa meninggalkan jejak kalian di kolom komentar, ya!
http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

0 komentar:

Comments
0 Comments

Post a Comment

Menarik Untuk Disimak