Wednesday, August 23, 2017

Penjelasan Sebuah URL, RSS dan Feed lengkap

Mencari URL RSS Feed Blog Atau Website Dengan Mudah -  Hai para pejuang blogger dan para pembaca setia Daily Mocci. Kali ini saya akan memberikan pemahaman dan tutorial yang nggak kalah pentingnya dari artikel-artikel saya mengenai tutorial blog nih. Namun sebelum ke inti pembahasan, alangkah baiknya saya membukanya dengan menjelaskan/memaparkan pengertian dari URL dan RSS Feed.

Image by https://blog.vanillaforums.com

Apa Itu URL, RSS dan Feed?
URL atau yang lebih lengkapnya 'Uniform Resource Locator', adalah sebuah rangkaian karakter (huruf, angka maupun simbol) menurut format standar tang yang sudah ditentukan. Kegunaan dari sebuah URL (Uniform Resource Locator) ini adalah menunjukkan suatu alamat atau sumber yang terdapat di internet seperti file, dokumen, gambar dan lainnya.

Lalu apa yang dimaksud dengan RSS dan Feed?
RSS sendiri adalah sebuah file berformat XML yang berguna untuk sindikasi yang telah digunakan, seperti situs web berita dan weblog. Singatan dari RSS sendiri biasanya mengarah ke beberapa kepanjangan seperti Rich Site Summary (RSS 0.91), RDF Site Summary (RSS 0.9 dan 1.0) dan yang terakhir Really Simple Syndication (RSS 2.0). Sementara Feed sendiri adalah sebuah data yang digunakan untuk memberi tahu pengunjung tentang update terbaru dari sebuah website secara berkala. Feed ini dapat didefinisikan sebagai 'umpan' secara bahasa Indonesia. Yang berarti untuk umpan situs blog maupun website Anda, agar setiap kali Anda memposting artikel baru di website maupun blog, dapat langsung ditangkap pembaruannya secara otomatis oleh situs-situs agregator ke dalam database yang pada akhirnya akan tersebar ke publik secara luas.


Fungsi Dari Sebuah URL, RSS dan Feed
Nah, kegunaan dari sebuah URL, RSS dan Feed ini tentu saja dapat dijabarkan ke dalam beberapa berikut ini:
1 Menunjukkan suatu alamat atau sumber yang ada di internet.
2 Menyebarkan ringkasan tulisan terbaru.
3 Memberitahu update-an terbaru dari blog atau website yang Anda kelola.

Nah untuk fungsi tersendiri dari sebuah RSS Feed adalah sebagai salah satu pelengkap ketika Anda mengajukan pendaftaran blog atau website Anda di Google Ping.

Lalu Bagaimana Caranya Untuk Mengetahui URL Feed/RSS Blog Atau Website yang Anda Kelola?
Sangat mudah sebenarnya untuk mencari URL dari RSS Feed Anda. Untuk memahami dan mengetahuinya silahkan simak beberapa caranya di bawah ini.

Mencari sebuah URL RSS Feed dengan Chrome
1 Kunjungilah situs blog atau website yang ingin Anda ketahui URL RSS Feednya.
2 Klik kanan pada sembarang tempat.
3 Klik tulisan 'Lihat Sumber Laman' atau 'View Page Source' apabila Anda menggunakan Bahasa Inggris pada pengaturan Chrome Anda.


4 Lalu akan tampilah halaman yang dimaksud. Yang perlu Anda lakukan adalah mencari kata RSS atau FEED dengan cara menekan tombol F3 pada keyboard Anda.


5 Selanjutnya, apabila Anda ingin meng-copy link tersebut, cukup saja klik link-nya. Setelah halaman tersebut muncul, copy lah URL yang ada di address bar Chrome Anda.

Simak juga kutipan menarik dalam buku:
Emma by Jane Austen & Committed by Elizabeth Gilberth

Mencari URL RSS Feed Menggunakan Mozilla Firefox
1 Sama dengan trik di atas, masuklah ke halaman yang ingin Anda ketahui URL RSS Feed-nya.
2 Tekan klik kanan, kemudian klik tulisan 'View Page Info'.
3 Setelah itu akan muncul sebuah halaman pop up seperti ini.


4 Halaman tersebut menampilkan URL RSS Feed Anda. Yang hanya perlu Anda lakukan untuk meng-copy-nya adalah dengan cara mengklik link RSS tersebut, setelah halamannya muncul, Anda bisa meng-copy-nya dari address bar browser Anda.

Mencari URL RSS Feed Menggunakan UC Browser
1 Tidak berbeda jauh dengan menggunakan Chrome dan Mozilla Firefox, setelah Anda masuk ke halaman blog atau website Anda, yang perlu Anda lakukan adalah mengklik kanan saja.
2 Kemudian, klik tulisan 'View Page Source'.
3 Setelah halaman tersebut muncul, carilah kata RSS atau Feed dengan menekan tombol F3 pada keyboard Anda.
4 Lalu akan munculah yang Anda cari.

Oke guys, disekiankan dulu artikel Daily Mocci kali ini. Semoga tips-tips diatas dan informasinya dapat bermanfaat untuk kalian semuanya yang berkunjung ke blog ini. Salam bahagia dari Saya, terima kasih!

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

0 komentar:

Comments
0 Comments

Post a Comment

Menarik Untuk Disimak