Wednesday, August 16, 2017

Tips Berkendaraan Umum Saat Travelling | Tips Daily Mocci

Tips Berkendaraan Saat Travelling - Bagi kamu yang hoby banget sama yang namanya travelling atau jalan-jalan, salah satu hal penting agar kamu bisa datang ke tempat yang menjadi destinasi itu adalah berkendaraan. Ya, gimana kamu mau ke sana kalau kamu ke sana tanpa naik kendaraan? Hehehe.

Image by Vartana.org


Nah, bagi kamu yang masih pemula dalam bertravelling, tips Daily Mocci kali ini pasti cocok buat kamu. Kenapa? Karena hal-hal yang biasanya tanpa kamu sadari seperti salah memilih angkutan, copet dan hal-hal yang biasanya ada saja saat berkendaraan tidak bisa ditoleran. Artinya apa, singkatnya kamu nggak mau dong hal-hal seperti itu menimpamu saat lagi happy-happy-nya jalan-jalan. Untuk itu simak beberapa yang harus kamu ketahui agar aman berkendaraan saat travelling.


Tips Aman Berkendaraan Pribadi Saat Travelling

Tidak ada salahnya untuk pergi travelling dengan kendaraanmu sendiri. Karena agar semakin mempermudahmu untuk ke tempat yang menjadi tujuanmu, menggunakan kendaraan pribadi akan lebih menghemat waktu dan meminimalisir kejahatan di perjalanan.

Agar kamu aman saat di perjalanan, simak tips-tipsnya berikut ini.

1. Pastikan kondisi kesehatanmu dalam keadaan prima
Faktor nomor satu terpenting ini memang terkadang seseorang abaikan. Perlu kamu ketahui, kesehatan adalah nomor satu dibandingkan dengan apapun, termasuk dengan tempat yang ingin kamu kunjungi. Jika kamu memaksa pergi dan menyetir kendaraanmu dalam kondisi sakit, tak memungkiri sesuatu akan terjadi seperti pingsan saat diperjalanan dan kecelakaan akan menimpamu nanti. Banyak sekali kasus terjadinya kecelakaan yang diakibatkan karena kondisi pengemudi yang kurang fit. Dan jangan lupa untuk membawa persediaan obat dan makanan untuk bekal di perjalanan kalian ya, readers.

2. Pastikan kondisi kendaraanmu memungkinkan
Pastikan kendaraanmu dalam keadaan bagus, entah itu mobil maupun motor, bawalah kendaraanmu ke bengkel terdekat untuk memastikannya. Jangan pernah meremehkan hal ini ya, karena banyak juga kecelakaan yang terjadi karena kondisi kendaraan yang tidak memungkinkan atau dalam keadaan rusak, seperti rem blong. Jangan pernah memegang prinsip hemat agar kamu tidak datang ke bengkel yang akhirnya membawamu ke rumah sakit.

3. Hindari membawa muatan yang melebihi kapasitas kendaraan
Jangan membawa banyak muatan melebihi batas kapasitas kendaraan agar perjalanan kamu menjadi aman. Sebaiknya bawalah barang-barang yang memang dibutuhkan seperti pakaian, makanan, obat-obatan, dokumen penting seperti SIM dan jangan lupa untuk memperhatikan orang-orang yang juga berada dalam satu kendaraan kamu. Jangan coba-coba membawa sepuluh orang untuk berkendaraan di dalam mobilmu. Karena jika kendaraanmu membawa banyak muatan, hal-hal seperti kecelakaan bisa saja terjadi. Untuk itu, jangan pernah meremehkan poin ini.

4. Kelengkapan dokumen

Image by Happytrips.com

Bawalah dokumen-dokumen penting seperti SIM, KTP, buku nomor telfon, Kartu Pelajar/Mahasiswa, Paspor dan Visa (saat kamu travelling ke luar negeri). Jangan sampai kamu kena tilang saat berkendaraan dan menghambatmu untuk sampai ketujuan. Dan dokumen ini sangat penting jika sesuatu terjadi kepadamu, dokumen inilah yang menjadi tanda pengenalmu dan memudahkan seseorang untuk menghubungi orang-orang di sekitarmu.

5. Uang
Pasti poin ini nggak bakalan terlewat oleh setiap para travellers. Tetapi bawalah uang seperlunya saja, karena tentunya kamu bisa kembali menarik uang dari ATM mu. Kenapa Saya menyarankan seperti itu? Karena mungkin kalau kamu terlalu membawa banyak uang di dompet, akan membuat mu lebih boros karena membeli hal-hal yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Hehe

6. Mengetahui tempat yang akan kamu kunjungi
Cari tahu mengenai tempat yang akan kamu kunjungi. Lakukan penelitian melalui internet atau melalui orang-orang yang sudah pernah berkunjung ke sana. Dengan itu kamu akan mendapatkan informasi yang bermanfaat sebelum kamu akan pergi ke sana. Seperti ketika kamu baru mengetahui jika tempat yang akan kamu kunjungi itu banyak sekali copet, pada saat kamu di sana kamu akan lebih waspada. Jadi lakukanlah beberapa penelitian sebelum kamu ke sana ya, readers!

7. Bawa peta atau aktifkan GPS
Gunakan peta atau GPS saat kamu akan mulai perjalanan ke tempat tujuanmu. Jangan sampai hal-hal seperti tersesat atau salah jalan terjadi kepadamu dan membuat perjalananmu tidak nyaman.

8. Patuhi peraturan lalu lintas
Patuhilah segala peraturan lalu lintas yang ada. Gunakan helm, bawa kelengkapan berkendara, pakai sabuk pengaman, pakai jaket, berhenti ketika ada lampu merah, berkendara dalam kecepatan normal dan peraturan-peraturan lainnya yang akan membuat kamu selamat di jalan dan tidak kena tilang.

9. Istirahat ketika merasa lelah atau saat malam tiba
Berhenti ketika kamu sudah mulai mengantuk di pinggir jalan yang memang disediakan untuk beristirahat atau pergi ke tempat penginapan. Jangan memaksakan berkendaraan apabila kondisimu mengantuk atau lelah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

10. Berdoa
Sebelum berkendaraan, alangkah baiknya jika kamu terlebih dahulu berdoa kepada Tuhan agar kamu tiba di tempat tujuan dan kembali lagi ke rumah dalam keadaan sehat dan selamat. Jangan pernah meragukan kekuatan doa ya!



Tips Aman Berkendaraan Umum Saat Travelling

Setelah saya menulis tips agar kamu aman saat berkendaraan pribadi, di bawah ini saya akan memberikan tips aman saat kamu berkendaraan umum.

Image by s3.amazonaws.com

Tetapi perlu Saya ingatkan, mungkin beberapa tips berkendaraan umum memiliki kesamaan dengan ketika kamu berkendaraan pribadi. Nah, untuk lebih jelasnya Saya akan menuliskan lagi di bawah ini.

Menggunakan angkot dan bus
  1. Pilihlah angkot yang sudah ada beberapa penumpangnya.
  2. Letakkan tas atau dompetmu tepat di depanmu atau dekaplah.
  3. Posisi dudukmu sebaiknya berada di dekat supir.
  4. Jangan mudah percaya orang asing. Namun apabila kamu hendak bertanya, sebaiknya kamu bertanya kepada seseorang yang kamu rasa baik dan ramah saja.
  5. Jaga tata krama dan bahasamu.
  6. Tanya kepada penumpang lain berapa biaya/ongkos ke tempat tujuanmu. Biasanya seseorang yang baru akan dikelabui supir, jadi bertanyalah terlebih dahulu daripada kamu dirugikan.
  7. Tahu rute yang akan kamu lalui untuk sampai ke tujuan.
  8. Berpakaian sederhana, jangan pernah memperlihatkan perhiasan kamu.
  9. Apabila kamu tidak mendapatkan tempat duduk, sebaiknya kamu meletakkan bawaanmu di depan agar bisa kamu pantau.

Menggunakan ojek
  1. Pastikan ojek yang kamu kendarai adalah memang ojek. Bukan seorang pengendara motor yang menyamar menjadi tukang ojek. Hal ini untuk menghindari penculikan, karena selalu ada saja modus penculikan dengan cara menyamar menjadi tukang ojek.
  2. Sebainya gunakan saja jasa ojek online, terlebih karena harganya lebih murah dibandingkan dengan ojek non-online.
  3. Minta perlengkapan seperti helm untuk melindungi kepalamu dari benturan, dan plastik anti hujan untuk melindungimu dan bawaanmu dari hujan.
  4. Gunakan GPS atau peta sebagai jaga-jaga.
Naik kapal laut
  1. Pastikan kamu tidak bermasalah dengan mabuk laut.
  2. Bawa bawaanmu seperlunya saja. Dan jagalah barang-barang tersebut karena kehilangan barang tidak akan ditanggung oleh pihak kapal.
  3. Bawa bekal dan juga obat-obatan.
  4. Bawalah uang.
  5. Pemandangan laut memang tidak ada duanya, tetapi perlu kamu ingat jika kamu ingin melihat pemandangan tersebut jangan coba-coba untuk diam terlalu pinggir atau melebihi batas kapal.
Naik pesawat terbang
  1. Pastikan kamu tidak bermasalah dengan ketinggian.
  2. Bawalah dokumen seperti paspot, visa dan ktp.
  3. Bawalah uang untuk di perjalanan saat kamu akan menuju tempat yang akan kamu datangi dan juga pulang ke rumah mu.
  4. Patuhi peraturan yang akan diberi tahu pramugari pesawat.
  5. Pastikan kamu sehat.
  6. Pastikan kamu sudah mengetahui harga tiket dan harga bagasi dari bawaan yang akan kamu bawa.
  7. Cari kopermu setelah pesawat mendarat.
  8. Tanyakan kepada petugas apabila kamu memiliki keluhan, pertanyaan ataupun meminta bantuan.
  9. Jangan panik.

Untuk semakin memperaman perjalananmu menuju tempat yang akan kamu datangi, sebaiknya kamu ditemani oleh seseorang yang mengenali tempat tersebut atau bisa juga dengan menggunakan jasa pemandu tour, bahkan mungkin lebih bagusnya jika dia adalah teman atau seseorang yang memang kamu kenal.

Nah, itulah tips-tips berkendaraan aman dari Daily Mocci. Semoga bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih sudah berkunjung, dan jangan lupa untuk menuliskan komentarnya.
http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

0 komentar:

Comments
0 Comments

Post a Comment

Menarik Untuk Disimak